Saturday, February 18, 2017

Awas, 7 Tanaman yang Sering Kamu Lihat Ini Berbahaya Lebih Dari Pembunuh!

Indonesia yang memiliki ragam tanaman yang cukup lengkap mulai dari tanaman obat-obatan sampai tanaman hias untuk mempercantik halaman rumah. Namun, kamu harus berhati-hati dibalik itu ternyata ada juga lho tanaman yang beracun dan mematikan. Tanaman beracun itu tumbuh subur di sekeliling kita. Yuk, langsung aja liat penjelasannya supaya kamu bisa lebih hati-hati!

1. Pohon Bintaro

Pohon yang sering ditanam di pinggiran jalan dalam rangka penghijauan kota cukup beracun karena mengandung carberin. Itu merupakan jenis racun yang akan membuat saluran ion kalsium di dalam otot jantung manusia terhambat. Selain itu jika di bakar, asapnya bisa langsung menyerang jantung dan menyebabkan kematian. Contohnya saja di India tanaman ini lebih dikenal sebagai tanaman bunuh diri karena banyak orang yang membunuh dirinya memakai pohon ini.

2. Daun Bahagia

Daun yang dianggap indah dan punya nama yang maknanya baik ini justru berbahaya bagi kamu yang suka menjadikan tanaman ini hiasan untuk halaman rumah. Getah yang ada di batang dan daun ini sangat beracun karena terkandung Kalsium Oklasat yang ada dalam sitopasma sel. Awal kalau kamu terkena getah ini biasa akan gatal dan kejang-kejang. Setelah itu meradang ke dalam kerongkongan dan mengganggu saluran pernapasan kamu.

3. Daun Gimpie-gimpie

Tanaman yang banyak ditemukan di hutan ini cukup berbahaya hingga tercatat pernah membunuh hewan dan binatang. Pada bagian bulu-bulu daun ini berisikan racun moroidin. Kalau badan kamu terkena ini rasanya kayak ke setrum ataupun seperti disengat lebah.

4. Biji Saga Rambat

Bijinya yang indah dan sebagai simbol kasih sayang di negara Cina berbahaya lho. Bijinya ini mengandung racun jarak pohon yang disebut dengan ricin. Banyak warga yang Cina yang meninggal akibat proses merangkai perhiasan dari biji Saga.

5. Pohon Singkong Karet

Salah satu jenis umbi in cukup berbahaya salah satunya ini yang memiliki semacam senyawa yang bisa sama dengan asam sianida. Sianida dalam daun ini berwarna biru. Tapi racunnya bisa berkurang kalau dipanaskan. Jadi, jangan sampai kamu konsumsi ini dalam kondisi mentah!

6. Biji Kecubung

Biji kecubung ini bisa mengakibatkan mual, sesak nafas hingga berhalusinasi karena mengandung zat alkaloid yang mengakibatkan halusinogen. Kandungan itulah yang akan memberikan efek hingga bisa mengakibatkan kematian.

7. Pohon Upas

Getah pohon ini pernah dijadikan senjata bagi tentara VOC karena sangat beracun. Getahnya ini pernah di lakukan uji coba ke anjing dan ayam. Cukup dalam 2 menit aja binatang ini kejang-kejang kemudian mati. Jenis racunnya belum diketahui tapi pernah diteliti oleh naturalis asal Amerika sekitar tahun 1773-1859.
Itu adalah sederetan tanaman beracun yang pasti sering kamu lihat. Cukup berhati-hati tidak harus dibasmi karena yang namanya tanaman juga tetap berfungsi untuk menyerap karbon dioksida. Kalau semua tumbuhan terus dibasmi yang banjir pasti makin menjadi-jadi.

0 comments:

Post a Comment