Monday, March 13, 2017

10 Foto Keadaan Korea Utara yang Terlarang Ini Membuat Hati Bergetar

Korea Utara memang terkenal sebagai negara yang tertutup. Meski 'bersaudara' dengan Korea Selatan tapi dua negara ini sangat bertolak belakang. Di Korea Utara hampir setiap aktivitas warga diawasi oleh militer dan mereka sama sekali nggak mau tersentuh dengan modernisasi dunia barat. Negara yang sangat tertutup ini tentu mengundang banyak tanda tanya warga dunia. Penasaran dengan bagaimana aktivitas penduduk di sana? Bagaimana bisa mereka hidup tanpa internet, film barat serta fashion terbaru? banyak lho hal-hal yang kita anggap biasa di sini ternyata terlarang di sana, seperti memakai celana jeans, memiliki mobil (mobil hanya boleh untuk pejabat dan militer), memiliki agama (Korea Utara menganut ateis, penguasa adalah tuhan).
Bahkan turis pun juga nggak bisa bebas mengambil gambar yang ada di sana. Turis nggak bisa bertindak seenaknya. Tapi untungnya, ada seorang fotografer bernama Michal Huniewcz yang berani mengambil foto-foto kehidupan di Korea Utara secara diam-diam. Udah berasa kayak jadi mata-mata aja nih ceritanya. Padahal untuk bawa ponsel aja nggak boleh loh bagi seorang turis. Sangat beruntung dia nggak ketahuan sama pihak Korea Utara. Karena udah jelas, hal semacam itu pun dilarang di sana. 
Mau tau bagaimana foto-foto hasil jepretan Michal? Coba cek langsung di bawah ini.  

1. Inilah hasil jepretan dari Hotel Yanggakdo, kenapa tampak suram ya langit Korea Utara?

2. Orang-orang ini lagi nunggu buat menjual kotoran manusia yang akan dipake jadi pupuk

3. Bangunan arsitektur yang ada di Pyongyang, menurutmu gimana?

4. Militer ada di mana-mana


5. Ini adalah lapangan Kim Il Sung

6. Toko ini hanya untuk penduduk setempat, Michal nggak diperkenankan di sini, untung dia masih sempet foto tanpa ada yang tau

7. Nggak ada angka 5 di lift hotel, kalau mau ke sana harus pake tangga biasa

8. Jalanan Korea Utara

9. Ini adalah batas antara Korea Utara dan Cina, bisa ditebak Cina yang bersinar terang itu


10. Suasana stasiun kereta yang aneh, nggak ada kereta hari itu kata Michal



Melihat foto-foto di atas bagaimana perasaanmu? Miris? Ngilu? Terharu? Nggak kebayang gimana rasanya kalau kita hidup di Korea Utara. Berasa kayak dijajah dan terpenjara mungkin ya. Apa pun itu, semoga yang terbaik saja untuk semua warga Korea Utara. Bukan nggak mungkin kalau kelak warga Korea Utara bakal menggulingkan rezim Jong Un dan memilih bersatu dengan Korea Selatan. Nggak ada yang tau.
Kita pun juga wajib introspeksi diri. Kalau selama ini kita suka mengeluh tinggal di Indonesia karena merasa Indonesia kurang maju dan sebagainya, tapi setidaknya di Indonesia masih menjamin kebebasanmu. kamu bisa berkreasi, berpendapat, nonton film barat, korea, bukankah itu hal-hal yang harus disyukuri juga? 




0 comments:

Post a Comment