Monday, January 16, 2017

10 Fakta Unik yang Mungkin Belum Kamu Tahu Tentang Tahun Baru Imlek!

Tidak terasa kita sudah mendekati tahun baru imlek, perayaan terpenting bagi orang Tionghoa. Perayaan ini dimulai di hari pertama bulan pertama dan berakhir dengan Cap Go Meh saat bulan pertama. Nah, bagi kalian yang ingin tahu lebih lanjut tentang imlek, kalian bisa simak 10 fakta unik di bawah ini!

1. Setiap imlek, terjadi migrasi besar-besaran di seluruh dunia!

Hampir 4% dari penduduk dunia yang keturunan Tionghoa akan berpindah, bergerak ke kota atau negara berbeda untuk merayakan Imlek bersama sanak saudara dan kerabat terdekat! Wuaw!

2. Imlek merupakan festival untuk 1/5 populasi dunia

Di Cina, 1,3 miliar penduduk mendapatkan 3 hari libur, di Indonesia 250 juta orang mendapatkan 1 hari libur, dan di negara-negara Asia lainnya mendapatkan 1 bahkan sampai seminggu hari libur untuk perayaan imlek!

3. Amplop merah paling laku di bulan imlek (ya iya lah)

Atau biasa disebut amplop “angpao”, penjualan amplop merah tentu akan melunjak saat mendekati tahun baru imlek!

4. Biasanya sebelum imlek, pasti belanja baju baru atau potong rambut. Sama kayak lebaran!

Toko-toko baju, mall, dan bahkan toko grosir akan penuh dengan pembeli lho. Karena sama seperti lebaran, pada tahun baru imlek pasti akan belanja baju baru, sepatu baru, atau bahkan potongan rambut baru! Ini dilakukan untuk melambangkan permulaan dari 0.

5. Di Cina, jadi populer lho jasa sewa pacar! 

Yup! Bagi mereka yang nggak punya pacar, bisa menyewanya untuk diajak pulang kampung bersama dan bertemu keluarganya. Biasanya marak di kalangan pelajar. Wah, banyak jomblo di mana-mana.

6. Menurut tradisi, hal yang kamu lakukan saat imlek itu akan menentukan peruntungan tahunnya

Jadi kalau kamu tersenyum di hari pertama tahun baru, kamu akan mendapatkan kebahagiaan dan akan tersenyum terus sepanjang tahun!

7. Sebaiknya jangan menangis saat imlek!

Nah, menurut no.6, sebaiknya kamu jangan menangis saat imlek! Karena dipercaya akan mendapat kesedihan dan menangis terus sepanjang tahun. Yeah, masa galau terus!

8. Tidak boleh bersih-bersih saat imlek

Karena mereka percaya bahwa apabila bersih-bersih, akan membuang keberuntungan yang baru saja datang. Jadi biasanya akan bersih-bersih rumah setelah hari ke-5.

9. Biasanya masakan ayam tidak dipotong, harus utuh!

Penting bagi ayam untuk tetap utuh karena mewakili keutuhan dalam setiap aspek hidup!

10. Saat imlek, mie tidak dipotong! (mie umur panjang)

Siapa yang tidak tahu mie panjang umur? Mie panjang yang tidak dipotong ini mewakili kepercayaan bahwa setelah makan mie, akan diberikan umur yang panjang. 















0 comments:

Post a Comment