Tuesday, January 10, 2017

7 Fakta Zaman Purba Jauh Lebih Canggih Dari Apa yang Dibayangkan

Zaman purba merupakan zaman prasejarah dan manusia yang hidup dalam zaman ini dinamakan manusia purba, setelah diteliti lebih dalam rupanya kehidupan pada zaman purba jauh lebih canggih dari apa yang dibayangkan. Memang pada zaman ini manusia hanya menggunakan alat tradisional yang mereka ciptakan sendiri untuk menunjang kehidupan mereka. Tetapi apakah anda sudah menyadari bahwa mereka adalah manusia yang memiliki daya kreatifitas yang tinggi sehingga mampu menciptakan berbagai peralatan untuk meringankan pekerjaan mereka?

Sebagian besar orang berfikir bahwa zaman purba adalah zaman yang serba ketinggalan dan kuno. Manusia yang hidup di zaman ini memiliki kehidupan yang sederhana, sebagian dari mereka berburu dan bercocok tanam untuk melangsungkan kehidupan mereka. Zaman Prasejarah ini dibagi menjadi 3 macam yaitu:

Ciri-cirinya adalah:
  • Menggunakan peralatan yang terbuat dari batu yang masih kasar.
  • Hidup dengan cara berburu dan mengumpulkan makanan.
  • Manusia pada zaman ini belum mengenal bercocok tanam.
  • Hidupnya selalu berpindah-pindah dan mencari tempat tinggal yang dekat dengan air serta hidup secara berkelompok.
  • Pada zaman ini sudah mengenal api.
Berikut ciri-ciri zaman batu tengah:
  • Menggunakan peralatan yang terbuat dari batu tetapi sudah diperhalus.
  • Masih belum mengenal bercocok tanam.
  • Bertempat tinggal di gua dan sudah menetap.
Ciri-ciri dari zaman ini adalah:
  • Sudah mulai bercocok tanam.
  • Peralatan yang digunakan sudah diasah dan terdapat ukiran-ukiran.
Itulah beberapa informasi tentang zaman prasejarah. Banyak ahli sejarah telah melakukan penelitian terhadap kehidupan zaman purba dan ternyata manusia purba memiliki kehidupan yang lebih canggih. Berikut 7 fakta zaman purba jauh lebih canggih dari apa yang dibayangkan yaitu:

Para arkeolog Australia telah menemukan sebuah benda kuno di Baghdad-Iraq yang berfungsi sebagai baterai. Baterai kuno tersebut diperkirakan berusia 2.000 hingga 5.000 tahun lalu dan baterai ini mampu menampung daya 1,5-2 volt. Penemuan ini membuktikan bahwa manusia purba sudah mengenal listrik dan baterai jauh sebelum baterai ditemukan oleh Count Alessandro Volta pada tahun 1800.

Fakta zaman purba jauh lebih canggih daripada yang dibayangkan selanjutnya adalah penemuan sebuah benda kuno yang berfungsi sebagai kalkulator di perairan pulau Antikythera pada tahun 1901. Benda ini diperkirakan berusia lebih dari 2000 tahun. 

Benda ini ditemukan pada tahun 1972 di Republik Gabon-Afrika dan diperkirakan telah berusia dua juta tahun lalu.

Fakta selanjutnya yang membuktikan jaman purba jauh lebih canggih dari yang dibayangkan adalah telah diciptakannya robot yang bisa menyanyi dan menari pada zaman pemerintahan kaisar Mu yaitu pada tahun 922 SM.

Kanta optik ini ditemukan ditempat yang sama dengan ditemukannya bateri yaitu di Baghdad. Benda ini berukuran kecil sebesar dua ibu jari dan diperkirakan telah berusia sekitar 2.200 tahun lalu.

Jantung buatan ini ditemukan disalah satu mumi anak laki-laki yang berada di piramida Mesir. Benda ini diperkirakan telah berusia 5.000 tahun lalu.

Zaman purba dikatakan telah mengenal kendaraan, hal ini berdasarkan gambar ukiran yang terdapat di kuil Mesir. Ukiran tersebut diperkirakan berusia 3.000 tahun lalu.

Itulah beberapa informasi dan fakta-fakta yang membuktikan bahwa zaman purba jauh lebih canggih dari apa yang dibayangkan.



0 comments:

Post a Comment