Monday, April 24, 2017

Ooho Balls, Gelembung Air Minum yang Bisa Dikonsumsi dan Ramah Lingkungan

Air minum merupakan kebutuhan utama setiap manusia. We can never go a day without drinking water. Tapi masalahnya, hidup di daerah urban membuat banyak dari kita lebih memilih untuk membeli air minum dalam kemasan karena praktis. Air minum yang diproduksi dalam kemasan plastik sebenarnya nggak ramah lingkungan karena akan menghasilkan jutaan sampah plastik tiap harinya. Tapi, kini diciptakanlah Ooho Balls, bola gelembung air minum sebagai pengganti botol plastik yang konon katanya bisa dikonsumsi. Wah, apaan tuh?

Adalah Skipping Rocks Lab yang menciptakan produk ini pertama kali. Awalnya, start-up ini melihat banyaknya limbah kemasan plastik air minum yang menumpuk pada acara-acara lari marathon. Kamu yang pernah mengikuti acara lari marathon pasti tahu kalau di setiap check point, biasanya disediakan air minum untuk para pelari yang disajikan dengan gelas kemasan plastik atau botol plastik. Setelah pelari minum, biasanya gelas atau botol plastik itu langsung dibuang. Inilah yang dinilai Skipping Rocks Lab sebagai hal yang nggak ramah lingkungan.
Produk Ooho Balls ini berupa gelembung air yang dilapisi dengan membran jelly yang terbuat dari ekstrak rumput laut. Ketika Ooho Balls dimasukkan ke dalam mulut maka lapisan jelly tersebut langsung pecah mengeluarkan air. Karena dibuat dari rumput laut, maka lapisan jelly tersebut pun bisa dimakan. Produk ini telah diujicobakan kepada beberapa orang yang sama sekali belum tahu apa itu Ooho Balls. Banyak yang merasa kaget dan nggak percaya ada inovasi seunik ini, bahkan pada sesuatu yang kita anggap sepele.
Tapi, dari berbagai pujian tentang inovasi produk Ooho Balls yang keren banget itu, ternyata masih ada pro-kontra dibaliknya. Skipping Rocks Lab ingin produknya dipasarkan secara luas dan mengglobal. Meskipun acara utamanya adalah acara lari marathon, tapi nggak menutup kemungkinan untuk dipasarkan secara universal.
Namun, masalahnya adalah gimana ya agar produk Ooho Balls yang berlapis membran lembut dan mudah pecah tersebut didistribusikan? Apalagi kalau kita ingin membawa Ooho Balls di dalam tas, wah bisa basah semua dong? Itulah yang menjadi pertanyaan banyak orang saat ini. Ketika Skipping Rocking Labs ingin memasarkan secara luas, mereka harus mempertimbangkan kemasan ketika menjual agar produk Ooho Balls aman. Tapi di sisi lain, ironisnya Ooho Balls diciptakan untuk mengurangi penggunaan kemasan. Duh, jadi bingung ya.

Meskipun masih terdapat pro-kontra, namun Ooho Balls layak diapresiasi. Inovasi produk ini diharapkan bisa benar-benar ramah lingkungan dengan menekan jumlah penggunaan kemasan air minum plastik. Minum dari Ooho Balls kelihatan asyik juga dan bisa membantu orang-orang yang malas minum air putih. Kini, minum air bisa semenyenangkan itu! Penasaran pengen nyoba ‘makan air’?


1 comment: