Saturday, December 3, 2016

Melihat Lebih dalam Bisnis Online


Pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika kian mendukung pengusaha UKM beranjang ke dunia digital. Hal itu dibuktikan dengan diberikannya website gratis satu tahun dengan domain id apapun sampai 2018 mendatang.

Kesempatan ini pun harusnya tak disia-siakan, utamanya bagi startup yang ingin membangun bisnis online. Apalagi dibanding dengan lapagan bisnis yang lain, lapangan bisnis ini mempunyai beberapa kelebihan.

1. Modal relatif rendah
Anda bisa memulainya dengan menjadi re-seller atau dropshipper. Tanpa memiliki stok atau gudang, Anda masih tetap bisa menjual produk. Modal yang dibutuhkan relatif rendah dibandingkan jika Anda membuka toko offline yang harus menyewa tempat, dan biaya operasional lainnya.

2. Menjalankan bisnis tanpa dibatasi ruang dan waktu
Anda dapat menjalankan bisnis dimana pun Anda berada dan kapanpun. Sekali pun Anda sedang melakukan perjalanan, Anda masih tetap bisa menjalankan bisnis Anda.

3. Promosi yang mudah
Untuk menjangkau pembeli Anda harus rajin berpromosi melalui berbagai media sosial, seperti Facebook, Twitter.

4. Terbukanya peluang usaha baru
Memiliki bisnis online memungkinkan Anda untuk bertemu dengan banyak pelanggan, supplier, atau komunitas. sehingga dari hubungan tersebut akan membuka peluang usaha baru yang mungkin sebelumnya tidak ada perkirakan.

5. Tidak membutuhkan banyak tenaga kerja

Anda dapat menjalankan bisnis online sendiri. Namun jika bisnis Anda semakin berkembang, tentunya Anda akan membutuhkan orang lain untuk membantu pekerjaan Anda.

6. Terbuka kesempatan bisnis sampai luar negeri
Jangan takut melebarkan sayap ke bisnis internasional dengan memanfaatkan valas dan selalu monitor pergerakan valas atau mata uang asing agar Anda tidak salah langkah jika Anda melakukan jual beli barang ke luar negeri (export-import).

0 comments:

Post a Comment